13 Januari 2009

Jangan (Pernah) Mimpi jadi TKW

Luka di Champs Elysees Rosita Sihombing


Oleh Isbedy Stiawan ZS


KARYA sastra, sekecil apapun, membawa daya perubahan, alternatif-alternatif kenyataan yang berbeda dari kenyataan yang telah ada. Sebab, menurut Tan Malaka, karya sastra harus beranjak dan akhirnya kembali kepada kehidupan (“Luka Rosa”, Ari Pahala Hutabarat).

Novel Luka di Champs Lysees karya Rosita Sihombing—kelahiran Tanjungkarang 24 Januari 1974—yang kini menetap di Paris, merupakan novel pertama di Indonesia yang membicarakan sisi gelap kehidupan TKW di luar negeri.

Novel ini mengisahkan Karimah dari Lampung bekerja sebagai baby sitter pada keluarga tuan Alkahtani-madame Haifa di Ryadh, namun selalu mendapat perlakuan kekerasan dari majikan—terutama madame Haifa. Akhirnya, ia bertekad melarikan diri dari majikan tersebut. Tekadnya tercapai saat ia diajak majikannya berlibur ke Paris: untuk mengasuh Omar dan Nashar, anak majikan.

Tetapi, pelariannya di rimba kota Paris bukan membujat hidupnya menjadi berubah. Sebagai warga gelap di negara Prancis, banyak hal yang mesti diwaspadai kalau tidak masuk penjara. Ketika pelarian dari “cengkeraman” majikan, Karimah pingsan karena kehabisan tenaga dan luka di tangannya setelah terjatuh. Ia tak sadar diri di dekat stasiun kereta bawah tanah, dan tersadar setelah ditolong pria asal Aljazair bernama Hamed.

Pertemuan itu berbuah kesepakatan tak tertulis: Karimah hidup seatap dengan Hamed, hingga melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Maharani Karimah. Walaupun anak yang lahir di Paris itu hanya bisa hidup beberapa hari.

Kehidupan tanpa ikatan pernikahan di Paris yang dialami para TKW Indonesia, menurut catatan novel ini, cukup banyak. Padahal, sebagaimana Karimah yang telah bersuamikan Pardi yang pedagang tempe daun di Pasar Tugu dan dikaruniai seorang putri berusia 6 tahun, ternyata para TKW lain pun sudah berkeluarga. Begitu pula Hamed juga sudah beristri dan punya anak di Aljazair.

Selama 2 tahun menetap di Paris bersama Hamed, Karimah tak punya pekerjaan apa-apa. Ia hanya hidup dari belas kasih Hamed yang hanya menjadi buruh. Kehamilan Karimah sangat diharap Hamed, sebab peraturan di Paris seseorang akan mendapat izin tinggal jika mempunyai bayi yang lahir di sana.

Sayangnya, harapan mendapat izin tinggal di Paris itu berantakan. Bayi yang baru beberapa hari lahir tak berumur panjang. Maharani meninggal karena kehabisan nafas saat mereka saling berebut yang membuat bayinya terbanting. Mereka bertengkar sebab Karimah tak mencantumkan nama Hamed di belakang bayinya. Sedangkan Karimah beralasan, Hamed tak berada di sisinya saat-saat ingin melahirkan.

Novel ini memang ingin mengangkat keprihatinan sosial dari kehidupan para TKW sekaligus memberi penyadaran bahwa menjadi TKW tidaklah seindah yang dibayangkan. Betapa banyak para TKW Indonesia yang bekerja di luar negeri, pulang membawa jasad atau pun hanya pakaian di badan. Kegagalan para TKW seperti ini kerap tak dipublikasikan, atau kalah oleh cerita-cerita keberhasilan yang sesungguhnya semu.

Dalam diskusi novel ini (Sabtu, 27/12), Rosita Sihombing menyatakan tidak sedikit TKW Indonesia di Paris yang bernasib sebagai warga gelap kehidupannya amat memrihatinkan, sehingga hanya untuk mendapat segelas teh harus menukar dengan kehangatan tubuhnya.

Novel Luka di Champs Lysees karya perdana mantan wartawan Sumatra Post dan aktivis UKMBS Unila ini, ingin melakukan perubahan bagi para perempuan Indonesia yang berniat menjadi TKW. Hidup menjadi TKW di luar negeri, tak selamanya pulang membawa devisa, baik bagi keluarga maupun negara.

Indonesia, menurut catatan, negara paling besar mempekerjakan para wanita ke luar negeri. Alasan untuk memeroleh devisa, negara mengizinkan ekspor bagi TKW. Pengiriman para TKW, istilah yang diberikan pemerintah, ke negara-negara yang menjalin kerja sama seperti Malaysia, Singapura, Qatar, Taiwan, Hong Kong, dan Jepang. Tetapi, banyak dari pekerja wanita tersebut tidak memiliki skil dan hanya berijazah (mungkin tak ada) SD. Hanya berpengalaman sedikit di kampung (lokal), mereka masuki rimba dunia (global).

Sedangkan negara-negara lain, terutama di Eropa tidak ada jalinan kerja sama, sehingga kehadiran mereka di Paris misalnya, sebagai imigran (warga) gelap. Sebagaimana Karimah dalam novel Luka di Champs Lysees.

Akibatnya? Karimah-Karimah yang gagal dan hidupnya kelam di luar negeri bermunculan. Kalau tidak, ya pulang hanya jasadnya. Peristiwa para pembantu yang bunuh diri, membunuh majikan, ataupun menjadi wanita penghibur adalah realitas.

Novel Rosita ini diterbitkan untuk momen mudik 2008 (penerbit Lingkar Pena Publishing, Agustus 2008; 188 hal,), diharapkan dapat mengubah perilaku bangsa ini yang suka dan bangga mengeruk devisa dari pengiriman TKW. Tetapi lupa, dari program tersebut justru marwah dan moralitas para perempuan Indonesia amatlah terpuruk.

Novel Luka di Chaps Lysees karya Rita Sihombing ini patut menjadi sandaran bagi kesadaran bangsa, sebelum berjuta-juta perempuan Indonesia “diekspor” ke luar negeri demi memperbaiki hidup keluarga. Meski, di sini, saya kurang sependapat pada pepatah “lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang” yang menunjukkan bahwa negeri kita tak bisa melindungi warganya (bangsa).

Catatan harian Kompas bahwa di Makao saja, tidak sedikit perempuan Indonesi yang niat awal ingin menjadi TKW akhirnya masuk ke rimba prostitusi. Belum lagi di Hong Kong, dan negara-negara lainnya. Apatah sekadar Batam yang bersebelahan dengan Singapura dan Malaysia, cukup banyak perempuan Indonesia yang menjadi penghangat bagi lelaki seberang.

Memang sebagai penulis, Rosita tidak menjelaksan apakah Karimah di Riyadh sebagai TKW versi pemerintah (legal) ataukah ia dikirim oleh agent-agent sebagai pekerja gelap. Ini harus dibedakan—karena memang sangat berbeda—antara TKW yang mendapat izin dari pemerintah dengan pekerja gelap (pendatang haram, menurut Pemerintah Malaysia).

Sebagai karya sastra, novel ini enak dan penting dibaca. Penceritaannya mengalir dengan kalimat-kalimat (narasi) liris-puitis, suasana dan seting Paris yang menakjubkan, menjadi penyedap mengapa Luka di Champs Lysees ini layak dikonsumsi.

Tidak cuma itu, seperti kata Tan Malaka yang telah dukitip Ari Pahala Hutabarat dalam makalahnya, karya sastra mesti beranjak dan akhirnya kembali kepada kehidupan demi membawa daya perubahan. Karenanya novel Luka di Champs Lysees ini semestinya menjadi bacaan “wajib” bagi calon dan pekerja wanita yang pulang dari luar negeri: “jangan (pernah) mimpi jadi TKW!

Sayangnya dari novel ini tidak menjelajah kebobrokan KBRI, misalnya di Paris. Soal birokrasi yang sulit, mental korup oknum KBRI, dan lain-lain yang kerap dituding menelantarkan para TKW yang gagal dan ingin pulang.

Nasib Karimah yang pulang membawa penderitaan dengan melumat impiannya kembali jadi TKW, sambil bertekad membangun ulang rumah tangganya yang telah ditinggalkan dan dikhianatinya selama 2 tahun. Apakah “pertobatan” Karimah itu sudah dianggap cukup? Akhir (ending) novel ini memang sangatlah manis. Penutup yang indah:

“Segera kutemui keluargaku, kupeluk erat mereka. Aku tidak ingin kehilangan mereka lagi. Tiba-tiba tanganku tergerak membuka tas kecilku dan mengambil sebuah CD Champs Elysees yang bersampul biru dengan gambar Joe Dassin. Aku sudah tak sabar ingin mendengarkannya di rumah. Aku yakin lagunya indah, seindah Champs Elysees, jalan yang tidak akan pernah kulupkan seumur hidupku. Au revoir, Champs Elysees! (hal. 186)

Rosita memang tak ingin (mungkin menghindar) membangun konflik berlarut-larut. Novel ini juga dibangun secara sederhana dengan pikiran sederhana, sebab itu “keliaran” imajinasi sebagaimana ditemukan dalam novel-novel penulis wanita Indonesia lain tak ditemukan di sini. Itu saja.*


-------------
*sumber Radar Lampung, 5 dan 6 Januari 2009

14 komentar:

Anonim mengatakan...

antibiotics still has fever [url=http://usadrugstoretoday.com/products/purinethol.htm]purinethol[/url] theatrical smoke machine http://usadrugstoretoday.com/products/prevacid.htm
smoke allergies [url=http://usadrugstoretoday.com/products/symmetrel.htm]symmetrel[/url] omron hem 780 blood pressure monitor [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/r.htm ]meredith baxter my breast photos [/url] gout drug interaction indocin colchincine
progestin dosage pill emergency [url=http://usadrugstoretoday.com/products/dostinex.htm]dostinex[/url] heart party favors http://usadrugstoretoday.com/products/frozen--energy-and-libido-enhancer-.htm
diabetic foot necrocis [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zelnorm.htm]zelnorm[/url] surgery for prostate cancer [url=http://usadrugstoretoday.com/products/capoten.htm ]chandler regional medical center hospital [/url] medicare and medical assistance

Anonim mengatakan...

smarthome designer sample esume http://luxefashion.us/beige-new-color5.html milan fashion week nude dresses [url=http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2565]hippopatumus shoes[/url] born shoes for babies
http://luxefashion.us/fabric-of-life-men-brand87.html ko jo fashion guy [url=http://luxefashion.us/grey-pink-shirts-color129.html]crochet cabbage patch clothes[/url]

Anonim mengatakan...

haircuts for heart shaped face [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/schlafen-hilfe.htm]schlafen hilfe[/url] health definition http://usadrugstoretoday.com/products/luvox.htm
support groups for depression in atlantic county [url=http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=de&cv=eu]Buy generic and brand medications[/url] buddist monks heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tentex-royal.htm ]vaginal itching swelling [/url] pet questions dog health tremors
johnson drug waltham [url=http://usadrugstoretoday.com/products/singulair.htm]singulair[/url] where are kidney http://usadrugstoretoday.com/products/carafate.htm
georgia state health my benefits [url=http://usadrugstoretoday.com/products/neurontin.htm]neurontin[/url] drug abuse treatment center [url=http://usadrugstoretoday.com/products/terramycin.htm ]cialis impotence drug eli lilly co [/url] american journal of medicine interleuken

Anonim mengatakan...

large shoes size wedding http://www.thefashionhouse.us/hot-pink-color51.html puma shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/white-grey-leather-shoes-color26.html]become a video game designer[/url] interior designer jobs
http://www.thefashionhouse.us/men-page57.html make polish horseshoes [url=http://www.thefashionhouse.us/versace-round-neck-brand1.html]donald j pliner shoes[/url]

Anonim mengatakan...

good medicine by amy [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tentex-royal.htm]tentex royal[/url] chantix prescription http://usadrugstoretoday.com/products/flonase.htm
identify auto immune diseases in dogs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/oxytrol.htm]oxytrol[/url] blood sugar index [url=http://usadrugstoretoday.com/products/doxycycline.htm ]estradiol ultrasensitive blood test [/url] sirricy tea
what are dental alloys [url=http://usadrugstoretoday.com/products/floxin.htm]floxin[/url] seamar behavioral health puyallup http://usadrugstoretoday.com/products/vitaliq.htm
asthma national association [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-acidity.htm]anti acidity[/url] cost of medicine prevent hiv babies [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-champignons.htm ]medical employment in tucson [/url] dental rx sinus

Anonim mengatakan...

stop smoking without cravings [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/l.htm]Buy generic and brand medications[/url] davis drug guide online http://usadrugstoretoday.com/products/erexor.htm
muscle pain in hip [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lopressor.htm]lopressor[/url] drug cost generous nice addiction qaly recommending health [url=http://usadrugstoretoday.com/products/astelin.htm ]the tale tell heart scholarly critics [/url] to improve erection
trspezius muscle workouts [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zaditor.htm]zaditor[/url] kern county mental health http://usadrugstoretoday.com/products/reminyl.htm
mormons and medical [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/n.htm]Buy generic and brand medications[/url] symptoms of heart problems [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cleocin.htm ]war on drugs money problem [/url] herbal medicine for back pain

Anonim mengatakan...

http://xwp.in/dicyclomine/dicyclomine-and-intravenous
[url=http://xwp.in/elavil/elavil-abuse]out patient drug rehab[/url] statistics on drugs http://xwp.in/imdur/imdur-classification
drug wipe acuracy http://xwp.in/emsam/osha-root-emsam-maoi
[url=http://xwp.in/amlodipine/amlodipine-benazepril-danger]drug unit dose companies[/url] testimonials levitra http://xwp.in/anafranil/generic-anafranil
edmonton drug court http://xwp.in/amoxicillin/amoxicillin-and-ear-infection
[url=http://xwp.in/carisoprodol/buy-carisoprodol-cheap-online]evista pharmacy[/url] class for schedule 1 drugs http://xwp.in/enhancer/doggie-style-sex-enhancer list of controlled drugs http://xwp.in/antabuse/side-effects-of-antabuse

Anonim mengatakan...

http://xwv.in/osteoporosis/osteoporosis/point/mutation
[url=http://xwv.in/lipitor/lipitor/replacement]celebrex online pharmacy[/url] drug survey results [url=http://xwv.in/lopressor/albuterol/and/lopressor]albuterol and lopressor[/url]
drugs valium http://xwv.in/osteoporosis/osteoporosis/and/coffee
[url=http://xwv.in/labetalol/labetalol/test/dose]male preformance drugs[/url] true facts about using drugs [url=http://xwv.in/overdose/painless/overdose]painless overdose[/url]
fish oil for erectile dysfunction http://xwv.in/kytril
[url=http://xwv.in/ultram/ocd/ultram]drug abuse medicare coverage[/url] cialis by mail [url=http://xwv.in/lopressor/hcpcs/code/lopressor/inject]hcpcs code lopressor inject[/url] heart herbal mixing viagra [url=http://xwv.in/lipitor/lipitor/adverse/side/effects]lipitor adverse side effects[/url]

Anonim mengatakan...

mindy kleinberg contact http://topcitystyle.com/33-jeans-size29.html modern infant shoes [url=http://topcitystyle.com/women-casual-fall-spring-type3.html]new york pet fashion week[/url] how to remove human urine smell in clothes
http://topcitystyle.com/jackets-amp-sweatshirts-page12.html discovery chanel [url=http://topcitystyle.com/ed-hardy-on-sale-brand39.html]jean palace clothes[/url]

Anonim mengatakan...

keno computer program http://wqm.in/casino-playing-cards_customize-playing-cards uk bingo
[url=http://wqm.in/slots_what-slots-are-at-argosy-kansas-city]gaming keno casino game[/url] casinos open on christmas day [url=http://wqm.in/keno_keno-analyis]keno analyis[/url]
bingo bugle long island http://wqm.in/online-casinos_map-of-the-casinos-in-tunica-ms
[url=http://wqm.in/gambling-online_software-roulette-gambling]united state friendly casinos[/url] coconut grove casino [url=http://wqm.in/jackpot_vegas-11-million-dollar-jackpot-penny]vegas 11 million dollar jackpot penny[/url]
trivia jackpot question answers http://wqm.in/roulette_free-how-to-beat-roulette-system online casinos for us players [url=http://wqm.in/slot_venetian-high-limit-slot-area]venetian high limit slot area[/url]

Anonim mengatakan...

asprotect auto biz legal cutcutado http://xwm.in/radiator nick mercedes
[url=http://xwm.in/oldsmobile/buick-oldsmobile-engine-swap]dodge caravan sport 26 thermostat[/url] automobile title transfer [url=http://xwm.in/saleen/saleen-inc-bushnell]saleen inc bushnell[/url]
syracuse automobile dealers http://xwm.in/saab/saab-dealerships-being-built-in-south-carolina
[url=http://xwm.in/acura/northwest-acura-calgary]automobile radio[/url] hometown auto glass brandon mb [url=http://xwm.in/rover/land-rover-cars]land rover cars[/url]
mercedes wrecking yards tampa florida http://xwm.in/geo/new-top-geo-tracker
[url=http://xwm.in/yamaha/used-yamaha-xj650-parts]volkswagen tdi problems[/url] automobile racing movies [url=http://xwm.in/oldsmobile/gas-tank-removal-1995-oldsmobile-88]gas tank removal 1995 oldsmobile 88[/url]

Anonim mengatakan...

http://jqz.in/prozac/shaking-side-effect-of-effexor-or-prozac
[url=http://jqz.in/provera/took-provera-for-7-days-still-no-period]prescription drugs imported from other countries[/url] street drug [url=http://jqz.in/pantoprazole/pantoprazole-generic]pantoprazole generic[/url]
compare viagra cialis http://jqz.in/propranolol/propranolol-urine
[url=http://jqz.in/pheromones/pheromones-reviews]drugs to prevent sleepiness[/url] phenobarbital and drug abuse [url=http://jqz.in/perindopril/perindopril-in-diabetes-nephropathy]perindopril in diabetes nephropathy[/url]
vicitra medicine http://jqz.in/xanax/xanax-toxicity
[url=http://jqz.in/xanax/valium-xanax-ambien-zolpidem]m d 6 drug info[/url] epstein barr prescription drug treatment [url=http://jqz.in/phenazopyridine/phenazopyridine-still-feeling-pain]phenazopyridine still feeling pain[/url] cialis effectiveness [url=http://jqz.in/pulmicort/pulmicort-westfields]pulmicort westfields[/url]

Anonim mengatakan...

newts playing cards http://lwv.in/slots/payout-on-slots-winnings new pa lottery cash 5
[url=http://lwv.in/jokers/six-jokers-cards]south africa casinos[/url] gainesville georgia bingo [url=http://lwv.in/betting/sport-betting-tips]sport betting tips[/url]
electric equipment for bingo gaming http://lwv.in/jackpot/jackpot-casino-appereanes
[url=http://lwv.in/casino-online/state-line-casino-in-wendover]mini sdio for blackjack 2[/url] the lottery short story jackson [url=http://lwv.in/casino-online/free-casino-and-bingo-no-deposit-bonus-uk-sites]free casino and bingo no deposit bonus uk sites[/url]
cash 3 georgia lottery http://lwv.in/baccarat/baccarat-candleholder isle of capri casino in vicksburg [url=http://lwv.in/keno/free-software-online-video-keno]free software online video keno[/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://onlinecasinose25.com ]online casino [/url]the fall of a EBOOK but that's wid http://onlinecasinose25.com online casino uk casino club internet casino safety and happiness,"--that is, to secure the unalienable rights of